Mengeluh Marah & Curhat Bukan Solusi Memecahkan Masalah


Ketika punya masalah hal yang harus dilakukan pertama kali bukanlah marah dan curhat. Karena marah membuat logika berpikir tidak jalan sehingga pengambilan keputusan pasti sembrono. Tidak juga dengan curhat, apalagi dengan bukan orang yang tepat. Kecuali curhat untuk minta bantuannya. Curhat meminta bantuan pun adalah opsi terakhir apabila masalah itu tidak bisa diselesaikan sendiri.

Cobalah memulai untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Dalam ilmu programming atau komputer, teknik penyelesaian masalah setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Menentukan siapa saja yang terlibat dalam masalah
  • Analisa sumber masalahnya
  • Menentukan hasil yang diharapkan seperti apa
  • Menentukan beberapa kemungkinan solusi
  • Jika gagal mendapat hasil yang diharapkan dengan menggunakan solusi 1 maka lakukan perulangan di solusi 2, 3, dst
  • Apabila tidak bisa diselesaikan maka minta bantuan ke orang terdekat


Teknik tersebut sebenarnya di adaptasi dari pola pikir manusia dalam memecahkan masalah. Namun manusia sering gagal dalam memecahkan masalah karena mengedepankan perasaan negatif daripada logika, salah satu contoh perasaaan negatif adalah marah.

Curhat ke orang lain juga termasuk perasaan negatif, karena didalam curhat biasanya isi mengeluh ghibah dan menggurutu. Curhat harusnya bisa diimplementasikan ke hal yang positif, misalnya curhat ketika masalahnya sudah selesai, atau curhat cerita lucu dan senang.

Jadi ketika masalah muncul mulailah menyelesaikan dari diri sendiri dengan cara diatas, hindari marah dan curhat.


Post a Comment

0 Comments